Senin, 04 Maret 2013

Tips Merawat Kesehatan Mata


Mata merupakan organ penting bagi manuasia. Karena dengan mata kita bisa melihat dunia yang begitu luas. Dengan itu kita harus bisa merawat mata kita dengan baik dan benar.
Berikut ini tips untuk merawat kesehatan mata kita yang bisa kita lakukan setiap hari :

  • Istirahat yang Cukup => sama seperti tubuh, mata juga butuh istirahat yang cukup. Menahan diri untuk tidak menonton televisi terlalu lama, atau berjam-jam di depan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu, mata Anda tidak kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup.
  • Makanan sehat untuk mata => makanan memberi pengaruh besar pada kesehatan tubuh, termasuk mata. Makanan yang mengandung asam lemak omega tiga, lutein, zink, dan vitamin A, C, dan E mampu membantu memperjelas penglihatan dan mengurangi masalah mata akibat penuaan, degenerasi makula, dan katarak.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan komputer => Banyak orang menderita Computer Vision Syndrome, yakni kondisi sementara yang disebabkan oleh sering menggunakan dan berlama-lama di depan monitor komputer. Gejala-gejalanya seperti mata lelah, sakit kepala, penglihatan kabur, kelelahan, mata kering, kesulitan fokus di kejauhan, sakit leher, sakit punggung, dan nyeri bahu, dll. Jadi saat menggunakan komputer, pastikan kondisi pencahayaan yang tepat untuk menghindari silau pada komputer Anda atau menggunakan layar anti-silau jika diperlukan. Minum banyak air dan sering berkedip untuk mencegah mata kering. Beristirahat sejenak setelah setiap 2 jam dan berpaling dari komputer selama 20 detik setiap 20 menit. Pastikan mata Anda sejajar dengan bagian atas monitor, agar kepala tidak menunduk.
  • Berhenti merokok => Studi menunjukkan, merokok dapat meningkatkan risiko degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik.
  • Jangan gunakan alat make up yang sudah lama => Pastikan Anda membuang semua alat make up yang sudah berusia lebih dari enam bulan. Gunakan kuas rias khusus dan jangan gunakan kuas yang sama dengan teman karena bisa menyebabkan infeksi.


Demikian tips merawat kesehatan mata yang saya berikan semoga bermanfaat bagi semuanya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar