Jumat, 01 Maret 2013

Cara untuk menurunkan berat badan dengan alami dan sehat



Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan sehat. Berikut ini cara untuk menurunkan berat badan secara alami dan sehat tanpa bahan kimia :)

  • Perbanyak minum air putih => Cara yang paling sederhana adalah dengan meminum banyak air putih. Takaran dalam meminum air putih yang ideal adalah sekitar 2 liter / hari atau sama dengan 8 gelas / hari. Mengapa meminum air putih penting jika Anda ingin cepat menurunkan berat badan? Karena air putih memiliki peranan yang penting dalam membantu tubuh untuk memproses  makanan menjadi sumber energi. Selain itu air putih juga berfungsi secara alami untuk mendorong terjadinya reaksi metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, meminum air putih adalah salah satu langkah dasar yang harus Anda lakukan. Supaya lebih mudah menurunkan berat badan, biasakanlah untuk selalu meminum air putih segera setelah bangun tidur. Hal ini akan berguna untuk membersihkan asam lambung dan saluran pencernaan di dalam perut. Selain itu, dengan meminum air putih pada pagi hari juga dapat menyegarkan seluruh tubuh sebelum memulai aktivitas lainnya.
  • Makanan alami dan sehat => Jangan biarkan Anda kelaparan karena Anda ingin mencapai tujuan dalam periode tertentu. Ini akan membuat Anda jatuh sakit atau berkinerja buruk. Buatlah daftar makanan yang bisa dimakan, dan ganti makanan yang tidak sehat dengan yang sehat. Contohnyas aja, jika Anda makan cheese burger atau pizza saat makan siang, ganti dengan ayah panggang.  Gantilah diet Anda dengan makanan yang rendah lemak seperti ikan, buah, dan sayuran. Tambahkan yoghurt rendah lemak, susu rendah lemak, kacan, buncis, dan roti gandum dalam diet Anda. Makanan tersebut enak dan bermanfaat untuk tubuh Anda. 
  • Melakukan berbagai jenis olahraga  => Buatlah jadwal latihan olahraga dan masukkan berbagai jenis latihan di dalamnya. Misalnya saja Anda memasukkan di dalam jadwal Anda aerobik low -impact, berjalan, bersepda, berjalan di treadmill, dan yoga. Sertakan latihan selama 30-45 menit dalam jadwal Anda dan secara bertahap tingkatkan waktunya. Anda bisa mencoba hingga 1 hingga 1,5 jam seharinya.
  • Hindari Minuman Bersoda => Sebisa mungkin hindarilah minuman bersoda, Karena di dalam sebotol kecil minuman tersebut terdapat 250 kalori yang semuanya berasal dari gula. Lagi pula tidak ada vitamin pada minuman bersoda tersebut. Mereka yang besar keinginannya untuk minum minuman bersoda akan lebih besar resiko terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis.
  • Hindari Makanan yang Digoreng Utamakan Yang Direbus => Makanan yang pengolahanya melalui penggorengan sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menjadi suplayer lemak pada tubuh. Maka sebisa mungkin konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.
  • Perbanyak Buah dan Sayur => Untuk menambah kuantitas makanan, maka Anda bisa menyiasatinya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Dalam hal ini Anda bisa mengganti kripik kentang atau coklat dengan buah. Dengan demikian, maka bukan hanya berat badan Anda yang turun, namun tubuh juga akan mendapatkan nutrisi yang sehat.
Dan masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan setiap hari dengan menu yang sehat semua masalah dalam tubuh kita pasti akan teratasi. Semoga tipsnya bermanfaat :)

2 komentar: