Kamis, 26 Juli 2012

Sebelum Lari, Makan Kismis

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalamInternational Societ of Sports Nutrition menyarankan untuk memakan kismis sebelum berolahraga. Pasalnya, buah kering ini efektif memberikan 'bahan bakar' untuk meningkatkan kinerja selama olahraga.
Kesimpulan tersebut didapat setelah peneliti dari University of California melakukan penelitian terhadap 11 pelari pria. Setiap peserta menyelesaikan tiga kali percobaan terpisah yang diminta untuk memakan kismis, permen karet dan air sebelum berlari sejauh 5 km.

Hasilnya menunjukkan pelari yang memakan kismis atau permen karet meningkatkan kinerja selama berlari. Keduanya tercatat memiliki waktu lebih cepat rata-rata satu menit dibandingkan mereka yang hanya meminum air saja.
Menurut peneliti, memakan kismis dan mengunyah permen karet memberikan oksidasi karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan air.
"Kismis merupakan alternatif yang baik karena menyediakan zat gizi mikro, seperti kalium dan zat besi dan tidak memiliki tambahan gula, rasa buatan atau pewarna. Sebagai bonus, kismis kering juga lebih ekonomis," jelas penasehat peneliti gizi dari California Raisin Marketing Board, James Painter, dilansir melalui Zeenews (25/7).

2 komentar: